#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


Logo Artikel

PA PARIAMAN TANDATANGANI KOMITMEN BERSAMA PENGIMPLEMENTASIAN E COURT DENGAN ASOSIASI ADVOKAT

Arsip Berita

PA Pariaman Tandatangani Komitmen Bersama Pengimplementasian E-Court Dengan Asosiasi Advokat

 

Pariaman|www.pa-pariaman.go.id

Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B melaksanakan Penandatangan Komitmen Bersama dalam pengimplementasian E-Court, Jumat (08/02/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, (Sapta Diharja, SH, M.Hum) Pimpinan BRI Cabang Pariaman (Anton Tisna Sumantri), Advokat dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B  Panitera, Sekretaris,Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B.

  

 

Hj Helmi Yunettri, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan Pengadilan Agama Pariaman mendorong advokat untuk segera menggunakan fasilitas E-Court ini, mengingat ini salah satu program unggulan dari Mahkamah Agung untuk melaksanakan proses beracara di Pengadilan dengan mengacu pada Pasal 2 ayat (4) Undang-undang Nomor 48 tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman yang menyebutkan peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan, merespon itu maka Mahkamah Agung mengeluarkan regulasi yakni Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik yang kita sebut pada saat ini sebagai E-Court. “Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami, apabila ada kendala dalam pengimplementasian E-Court ini, dan saya sudah membuat tim implementasi E-Court di Pengadilan Agama Pariaman yang siap untuk mencarikan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi dengan tetap berkonsultasi dengan Pengadilan Tinggi Agama Padang, ke Dirjen dan jika perlu ke Mahkamah Agung RI” ungkap salah seorang Ketua Pengadilan Agama Perempuan di Sumatera Barat ini.

 


Komitmen Bersama Pengimplementasian E-Court ini merupakan momentum sebagai bentuk komitmen dari Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B, Bank BRI Cabang Pariaman sebagai Bank mitra, dan dari perwakilan asosiasi Advokat yang terdiri dari Perwakilan APSI. Perwakilan PERADI dan perwakilan dari PERADIN dalam menggunakan fasilitas E-Court demi memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan demi merasakan keadilan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Komitmen bersama ini ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Hj Helmi Yunettri, SH, MH, Pimpinan Cabang BRI Pariaman Anton Tisna Sumantri, Nelly Gusmawati, SH sebagai perwakilan advokat dalam asosiasi PERADIN, Dasril, S.HI, MH dari PERADI dan Abdul Rajab, S.HI dari APSI.

 

 Narasumber kegiatan ini sekaligus merupakan Tim Pengimplementasian E-Court di Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B, Andria Miko, SH menyampaikan bahwa dari 34 undangan advokat yang dikirimkan terungkap baru 1 advokat yang sudah memiliki akun pengguna terdaftar E-Court. Sehingga kegiatan ini juga difokuskan untuk menjelaskan langkah-langkah pendaftaran akun pengguna terdaftar dalam aplikasi E-Court untuk advokat. Tim Impelementasi juga optimis bahwa E-Court bisa dijalankan sesegera mungkin di Pengadilan Agama Pariaman. “Kita siap menerima perkara E-Court bila ada advokat yang mendaftar” ungkap Panitera Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B.

 

Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Hj Helmi Yunettri juga menyampaikan bahwa advokat yang pertama kali memasukkan perkara E-Court ke Pengadilan Agama Pariaman kelas I.B akan di apresiasi dengan reward dan keistimewaan, namun tentu reward dan keistimewaan nanti yang diberikan harus diharmonisasikan juga dengan regulasi serta kode etik yang digunakan, baik kode etik hakim, kode etik advokat serta pedoman perilaku ASN, ditanyakan lebih lanjut tentang reward tersebut, Ketua PA Pariaman hanya menjawab “itu surprised” ungkap beliau dengan tersenyum.

 

Kegiatan selesai pada pukul 11.30 WIB kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Pimpinan Cabang BRI Pariaman, serta advokat dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Pariaman Kelas I.B.  (AM-Fordilag Sumbar)

admin |PA.pariaman

 

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Pariaman dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi valid

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas