#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


Ditjen Badilag Lakukan Sosialisasi Aplikasi PNBP Perkara di PA Pariaman

 

Pariaman | Rabu, 17 Oktober 2018 | www.pa-pariaman.go.id

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, berdasarkan surat tugas nomor : 272/DJA.1/X/2018 tanggal 9 Oktober 2018 telah melakukan Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi PNBP Perkara di PA Pariaman. Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Kasubag Anggaran dan Perbendaharaan Ditjen Badilag Bapak Fajar Setiawan, S.Sos yang didampingi Ibu Nurhayati, SE.

 

Dalam kegiatan tersebut telah dilaunching aplikasi baru yang terintegrasi dengan aplikasi "simtalak" (Sistem Informasi Manajemen dan Tatalaksana) dan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Aplikasi ini dibangun atas dasar temuan BPK mengenai laporan PNBP yang bersumber dari biaya proses berperkara di peradilan agama. BPK menghendaki dalam laporan PNBP dijelaskan detil penerimaan negara dari masing-masing perkara yang telah didaftarkan dan disetor dari panjar biaya perkara. Atas dasar itu maka dibangunlah aplikasi ini yang pada prinsipnya dioperasionalkan oleh tiga user, yaitu Admin, Kasir dan Bendahara Penerimaan.

Alur penggunaannya sebagai berikut :

1. Admin : user ini berfungsi mengatur menu-menu pada aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan satker.

2. Kasir : user ini melakukan entri transaksi data penerimaan dari perkara atau validasi transasksi yang telah diinput dari aplikasi SIPP.

3. Bendahara Penerima : user ini melakukan validasi transaksi PNBP yang dibuat oleh user Kasir, untuk selanjutnya dientri dalam aplikasi Simponi. setelah dilakukan penyetoran, maka bendahara penerima melakukan penginputan kode billing dan NTPN.

Diharapkan setelah aplikasi ini terintegrasi, maka setiap setoran PNBP perkara menggunakan aplikasi ini agar pertanggungjawaban PNBP di PA Pariaman dapat lebih akuntebel.

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Pariaman dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi valid

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas