#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


Era Baru PA Pariaman Rilis Inovasi Baru dibidang IT

Momen HUT Mahkamah Agung RI menjadi titik awal  Lounching pengembangan innovasi dalam bidang TI sesuai tema HUT Mahkamah Agung RI saat ini yakni "Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi" pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018.

Pariaman | Minggu, 19 Agustus 2018 www.pa-pariaman.go.id

Suasana perayaan ulang tahun Mahkamah Agung RI yang ke 73 sangat meriah diselengarakan di berbagai lingkungan peradilan di segala penjuru tanah air. Dengan mengusung tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”, terlihat bahwa Mahkamah Agung mulai memfokuskan rencana kedepan menjadikan peradilan menjadi modern melalui pengembangan teknologi informasi.

laksana dayung bersambut, keinginginan atau cita-cita dari Mahkamah Agung tersebut langsung di respon oleh Pengadilan Agama Pariaman.  Momen ulang tahun Mahkamah Agung ini pun di jadikan titik awal dari Pengadilan Agama Pariaman untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan dan berinovasi dalam bidang Informasi teknologi. Langkah kongkritnya saat ini adalah dengan peresmian (Lounching) nya sebuah aplikasi baru yang dimanfaatkan untuk memonitoring penggunaan aplikasi penelusuran perkara (SIPP) melalui media Handphode/gadget yang berbasis android. Aplikasi tersebut dinamakan “SIMANDAN” atau aplikaSI Monitoring pengisiAN Data melalui Android.

Setelah selesai seremonial pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang tahun Mahkamah Agung RI bersama Pengadilan Negeri Pariaman di lapangan Pengadilan Negeri Pariaman, jajaran apartur Pengadilan Agama Pariaman langsung lembali menuju kantor Pengadilan Agama Pariaman untuk melakukan agenda lainnya yang direncanakan. Salah satunya adalah peresmian dan Lounching penggunaan aplikasi SIMANDAN tersebut. Peresmian atau Lounching aplikasi langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Pariaman Helmi Yunettri di damping oleh jajaran pimpinan dan dihadiri oleh segenap aparatur Pengadilan Agama Pariaman mulai dari Hakim, Pejabat Strukturan dan fungsional, sampai tenaga honorer.

Paparan tentang cara kerja penggunaan aplikasi SIMANDAN tersebut disampaikan oleh Mohd. Dedy Aprilan selaku orang yang memiliki ide dalam pembangunan aplikasi berbasis android tersebut. Aplikasi ini dimanfaatkan untuk melihat berbagai macam instrument yang ada pada aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang ada di Pengadilan Agama Pariaman. Setiap pegawai dapat mengakses aplikasi SIMANDAN ini dan login sesuai dengan user yang ada pada aplikasi SIPP. Setelah login, setiap lini bias melihat status perkaranya masing-masing dan dapat juga melihat secara keseluruhan monitoring pengisian data aplikasi SIPP. Dengan begitu, diharapkan dapat membantu jajaran pimpinan dalam mengawasi proses kedisiplinan pengisian data pada aplikasi SIPP dan membantu pegawai yang bersangkutan dalam mengingatkan jika ada langkah pengisian yang terlewat dilakukan.

Aplikasi ini berbasis android sehingga penggunaannya bersifat mobile atau dapat diakses darimana saja. Selama ada akses data dan gadget/HP berbasis android, maka setiap pimpinan atau pegawai Pengadilan Agama Pariaman dapat mencek atau memonitor aplikasi dirumah atau saat di perjalanan atau saat dinas luar. Aplikasi SIMANDAN berbasis android ini full menggunankan bahasa pemrograman Java, sehingga saat penggunaannya pun terasa ringan. (mda)

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Pariaman dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi valid

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas