#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


Logo Artikel

4 PILAR DAN HAKIM PA PARIAMAN IKUTI PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI YUSTISIAL SECARA VIRTUAL

Arsip Berita

4 Pilar dan Hakim PA Pariaman Ikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yustisial Secara Virtual

          Senin, 12 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB, bertempat di ruang sidang utama PA Pariaman, 4 pilar (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris) dan hakim PA Pariaman mengikuti pembinaan administrasi dan teknis yustisial yang diadakan oleh Mahkamah Agung RI secara virtual melalui Video Teleconference Zoom Meeting.  Pembinaan secara virtual kali ini diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI untuk para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris pada pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama untuk empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia  dipusatkan di Kota Yogyakarta.

        Dalam sambutanya Ketua Mahkamah Agung mengutarakan bahwa sebagai bentuk respon tanggap cepat menghadapi pandemi ini, Mahkamah Agung telah menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 beserta perubahannya, Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2020  sebagai perubahan dari Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020 serta Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020 dan Baru-baru ini Mahkamah Agung telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Pidana di Pengadilan Secara Elektronik khusus untuk perkara pidana, pidana militer dan jinayat. Saat ini juga dikaji penerapan e-litigasi untuk peradilan tingkat banding, serta sedang dikaji pula pengembangan pelaksanaan mediasi secara elektronik. Saya berharap rangkaian penyesuaian dan terobosan dalam hukum acara tersebut tidak hanya kita posisikan sebagai respon reaktif sesaat terhadap situasi pandemi.