#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


Logo Artikel

3 MAKNA PENDEWASAAN ALA KPTA PADANG

3 Makna Pendewasaam Ala KPTA Padang

Pariaman | 16 November 2016 | www.pa-pariaman.go.id

 

Menjelang purnabakti pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Padang yakni Ketua PTA Padang Idris Mahmudy melakukan perjalanan safarinya keberapa Pengadilan Agama di Sumatera Barat. Untuk kali ini hari Rabu tanggal 16 November 2016, Pengadilan Agama Pariaman mendapat kehormatan untuk dikunjungi oleh beliau dan mendengarkan tausiyah atau pituah dari sang orang nomor satu di Pengadilan Tinggi Agama Padang. Orang yang dituah kan, ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah di peradilan agama se Sumatera Barat.

 Setelah dijamu dalam ruangan pimpinan Pengadilan Agama Pariaman serta melihat-lihat kondisi kantor dan suasana kerja, para hakim, pegawai dan tenaga honorer yang tidak melaksanakan fungsi sidang dan meja pelayanan dikumpulkan dalam ruang aula Pengadilan Agama Pariaman. Sebuah ruangan yang ala kadarnya karena memang saat ini Pengadilan Agama Pariaman sedang mendiami kantor yang darurat karena kantor aslinya sedang mengalami pekerjaan renovasi dan perluasan sehingga belum dapat digunakan untuk fungsi pelayanan saat ini. Pertemuan tim PTA Padang dengan pegawai didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pariaman. Sedangkan Ketua PTA Padang juga didampingi tim nya yaitu Panitera PTA Padang Syaiful Anwar dan Panitera Muda Hukum PTA Padang Samwil.

 

Dalam sambutan awal pertemuan ini, ketua PA Pariaman Helmi Yunettri menyampaikan kondisi dari Pengadilan Agama Pariaman, mulai dari kondisi keadaan perkara, sampai proses perjalanan renovasi dan perluasan gedung kantor Pengadilan Agama Pariaman sedang sedang berjalan saat ini. Kemudian pada kesempatannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang Idris Mahmudy menyampaikan nasehat awalnya yakni bersabar dengan kondisi kantor saat ini dan tetap memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat. Kalau kita membiasakan yang susah dulu sebelum senang, itu lebih mudah ketimbang sudah senang baru menerima susahnya. Mudah-mudahan akhir tahun 2017 gedung baru sudah dapat ditempati kembali.

 Kemudian dalam taushiyah nya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang menyampaikan 3 inti pokok pendewasaan dalam menjalani kehidupan yakni diantaranya:

 1. Pendewasaan Sikap

 Hendaknya pendewasaan sikap dapat diterapkan dalam seluruh lini kehidupan, baik dikantor maupun dalam kehidupan bermasayarat atau pun dirumah. Alasan kenapa kita harus bersikap dewasa adalah karena  kita membutuhkan orang lain atau dengan kata lain manusia sebagai makhluk sosial. Tidak ada yang tidak butuh dengan orang lain, bahkan sejak kita dilahirkan. Setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan dan semuanya saling mengisi. Untuk itu, membiasakan untuk berdewasa dalam dalam sikap

 2. Pendewasaan Berfikir

 Sebuah pendewasaan yang juga tidak kala penting dari pendewasaan sikap. Setiap kita akan melakukan sesuatu hal, maka harus kita fikirkan dahulu apa yang akan terjadi setelah kita melakukan hal tersebut. Harus kita fikirkan apa start nya dan bagaimana finish nya.. bahkan pada jaman nabi, ada sisi yang dapat dipelajari dari orang biadab, bahwa jika kita berperilaku seperti orang biadab/jahat, maka bersiaplah akan mengalami nasib yang sama dengan mereka. Membiasakan selalu berfikir positif, dan selalu mengambil sisi baik dari setiap kejadian yang kita alami. “uang hanya pendukung, bukan tujuan, tetapi kemauan lah yang paling utama. bagaimanapun orang kecil, pasti ada kelebihannya, sebaliknya bagaimanapun orang besar, pasti punya kelemahannya. Jadi pandang lah orang dari segi kelebihan, dan pandang diri dari segi kelemahan. jangan  jadikan kesalahan kecil/sedikit mengalahkan kebaikan besar yang pernah dilakukan”.

 3. pendewasaan ilmu pengetahuan

 Sama dengan pendewasaan sikap dan pendewasaan berfikir, pendewasaan ilmu pengetahuan juga perlu kita tanamkan dalam diri kita masing-masing. Laksana ilmu padi yaitu semakin berisi semakin merunduk. semakin tinggi pendewasaan ilmu yang kita amalkan, maka semakin dekat pula kita dengan Allah. Karena berjanji dalam firmanNya bahwa akan membalas setiap kebaikan melainkan dengan kebaikan pula. Seperti isi Q.s.Ali ‘Imran: 148 “Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yangbaik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.”maka tebarkanlah kebaikan. yang perlu diatur itu adalah hidup. Kalau sudah mati tidak perlu diurus karena sudah ada yang mengurusnya. Bahkan sejak jaman adam dan hawa di surga sudah ada aturan yang mengaturnya.

 Itu lah materi yang jadi taushiyah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang ke Pengadilan Agama Pariaman. Sebuah ilmu yang tidak semuanya tertuang dalam sebuah buku.

 

Kemudian pada kesempatan lain, teman se tim Ketua PTA Padang yakni Panitera Muda Hukum PTA Padang samwil menyampaikan beberapa hal yang perlu disampaikan dalam hal penanganan perkara yang merupakan edaran dari pusat. Diataranya adalah:

 1. Pemanfatan aplikasi Sistim Informasi Penelusuran PErkara (SIPP)

 walau kondisi kantor Pengadilan Agama Pariaman yang serba terbatas, tapi hasil evaluasi terhadap pemanfataan aplikasi SIPP di Pengadilan Agama Pariaman tetap memuaskan yaitu dengan nilai 82,14%. dan untuk itu Pengadialn Tinggi Agama Padang memberikan apresiasi besar bagi jajaran pimpinan dan tim Pengadilan Agama Pariaman atas usahanya dalam menjalankan amanat Mahkamah Agung dalam pemanfatan aplikasi SIPP tersebut.

 Kemudian, samwil menyampaikan harapan dari Mahkamah Agung kepada seluruh peradilan yakni:

 a. mengoptimalkan seluruh menu yang ada di aplikasi SIPP

 b. secara kontinyu mengiput data perkara di aplikasi SIPP.

 c. secara rutin membandingkan perkara antara aplikasi SIPP dengan yang rill dipangan.

 d. memberi dukungan terhadap penerapan aplikasi SIPP.

 

2. surat edaran tentang salinan putusan

 Pesan yang berikan adalah untuk salinan putusan banding atapun kasasi sebelum diserahkan kepada masyarakat, hendaknya harus dilakukan koreksi atau di cek terlebih dahulu. terutama dari segi redaksi nya. Jika dirasa terdapat kesalahan pada penulisan atau data lainnya, segerah dikonfirmasikan ke tingkat banding untuk dapat penjelasan apakah memang begitu adanya atau perlu koreksi ulang atau tarik dokumen dan dibuatkan perbaikannya..

 

3 surat edaran tentang layanan meja informasi

 Adapun yang menjadi catatan atau pesan nya adalah:

 a)      mengoptimalkan penggunaaan formulir tentang layanan meja informasi yang ada;

 b)      petugas meja informasi melaporkan kepada PPID yang biasanya dijabat oleh Panitera tentang layanan informasi setiap bulan dan kemudian Panitera atau pejabat PPID melaporkan kepada pimpinan instansi yakni kepada ketua setiap 3 bulannya.

 c)       merekapitulasi sejak tanggal 1 sampai tanggal 15 desember dan dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Padang.

 Dan yang terakhir kesempatan adalah Panitera Pengadilan Tinggi Agama Padang yang juga ikut dalam tim kunjungan Ketua PTA Padang menyampaikan pesan-pesannya kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Pariaman agar pandai menjaga diri dari segala perbuatan yang dilarang hukum. Jangan sampai aparatur Pengadilan Agama Pariaman terberitakan di media bahwa terkena sanksi akibat perbuatan yang tercelah.

Sebelum meninggalkan Pengadilan Agama Pariaman untuk kembali ke Pengadilan Tinggi Agama Padang. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang beserta tim menyempatkan diri untuk melihat atau memantau lokasi renovasi dan perluasan gedung kantor Pengadilan Agama Pariaman. (mda)

 

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Pariaman dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi valid

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas