#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

Logo Artikel

831 PELAKSANAAN OBSERVASI IMPLEMENTASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU APM OLEH ASSESOR EKSTERNAL DI PA PARIAMAN

Arsip Berita

Pelaksanaan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Oleh Assesor Eksternal di PA. Pariaman

Pada hari Kamis Tanggal 28 Oktober 2021, Pengadilan Agama Pariaman kedatangan Tim Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) oleh Assesor Eksternal yang dipimpin langsung oleh Assesor Nasional Bapak Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Padang Irsyadi, S.Ag., M.Ag serta didampingi oleh Anggota Tim Kasubbag Kepegawaian dan Ortala PTA Padang Rifka Hidayat, SH dan Analis Perencanaan PTA Padang Aidil Akbar, S.E.

Kedatangan Tim langsung disambut dengan hangat oleh Ketua Pengadilan Agama Pariaman Yang Ariani, S. Ag. M. H dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pariaman Anneka Yosihilma S.H. M. H diruangan Ketua. Selanjutnya Tim melakukan Observasi terhadap kondisi sarana prasarana, kebersihan lingkungan peradilan, pelaksanaan 5RIN, kesiapan petugas layanan PTSP dan resepsionis.

Selain itu, tim juga mengambil gambar situasi layanan Pengadilan Agama Pariaman dan juga memeriksa dekorum ruang sidang dan PTSP, kesesuian data SIPP dengan berkas dan arsip perkara, implementasi SOP, daftar hadir pegawai, keterbukaan informasi publik serta implementasi aplikasi Ditjen Badilag. Kriteria yang menjadi penilaian Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu adalah keberlanjutan dan konsistensi pelayanan publik. Penilaian dari kriteria keberlanjutan adalah risk register, sasaran mutu, survei kepuasan masyarakat, tindak lanjut kontrak kinerja, tindak lanjut survei kepuasan masyarakat dan rapat tinjauan manajemen. Penilaian pada kriteria konsistensi pelayanan publik adalah implementasi 5RIN (Resik, Ringkas, Rapi, Rawat, Rajin, Indah), PTSP dan Dekorum Ruang Sidang.

Terakhir acara ditutup dengan pemberian dan penandatanganan kontrak kinerja perbaikan terhadap temuan Hasil Observasi yang harus segera ditindaklanjuti. Pengadilan Agama Pariaman berharap semoga dapat mempertahankan Nilai APM "A Excellent" dari telusur dokumen dan hasil observasi ini.

(Tim Humas n Medsos)


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas